627: Polres Bengkalis Siap Amankan Pilkades Serentak 2017

Diterbitkan Tanggal: 05 / 07 / 17

Kategori: | POLRI, RIAU, TODAY |

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bengkalis Provinsi Riau AKBP Abas Basuni

NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bengkalis Provinsi Riau AKBP Abas Basuni mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya, sehingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bengkalis gelombang pertama tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada Selasa (11/7/2017) mendatang berjalan sukses.

Kata Kapolres, untuk mengamankan Pilkades yang akan berlangsung di 93 desa di 11 kecamatan tersebut, Polres Bengkalis akan menerjunkan 284 personel.

“Kegiatan pengamanan yang dilakukan merupakan pengamanan terbuka. Pengamanan terbuka ini dengan melibatkan personil Polres berseragam lengkap,” jelasnya.

Abas Basuni menjelaskan itu, ketika memberikan pemaparan pada rapat persiapan dan evaluasi penyelenggaran Pilkades serentak di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (5/7/2017).

Selain camat se-Kabupaten Bengkalis, hadir juga dalam rapat yang langsung dipimpin Bupati Bengkalis tersebut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkalis Rahman Dwi Saputra, SH.

Kemudian, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah H Arianto, Plt Asisten I Hj Umi Kalsum, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H. Ismail, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Masih kata Kapolres, selain Polisi berseragam, Polisi berpakaian preman juga akan disebar untuk memantau setiap proses dan tahapan Pilkades. Mereka akan melakukan upaya preventif guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dalam pengamanan tersebut, akatanya lagi, ada empat sasaran. Yaitu orang, barang atau benda, lokasi atau tempat serta kegiatan. “Sasaran orang tentu pengaman panitia, peserta Pilkades dan masyarakat. Sedangkan sasaran tempat jelas mengamankan lokasi pelaksanaan pemungutan suara,” ungkap Kapolres.

Sementara itu sasaran kegiatan pada pengamanan Pilkades, berupa pengamanan proses pemilihan, alur distribusi logistik Pilkades. “Sedangkan sasaran benda yang diamankan pihak Kepolisian yakni keamanan sarana dan prasarana serta kelengkapan logistik,” ujarnya.

Di bagian lain, kepada seluruh panitia pelaksana, lebih-lebih pantia di tingkat desa, Kapolres berharap agar senantiasa membangun dan melakukan komunikasi aktif dengan jajaran kepolisian. “Bila mengetahui adanya potensi kerawanan Kamtibmas segera informasikan ke aparat keamanan, sehingga dapat dilakukan antisipasi sedini mungkin,” harap Abas Basuni. [bp][*red]

         

(Visited 52 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!