697: Nelayan Rohil Dapat Jatah Mesin Produksi ES dari Kementrian Kelautan Perikanan

Diterbitkan Tanggal: 12 / 07 / 17

Kategori: | RIAU, TODAY |

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir Muhammad Amin S.Pi

NUSANTARAEXPRESS, BAGANSIAPIAPI – Dalam waktu dekat pihak Kementrian Kelautan Perikanan (KKP) RI akan mengalokasikan bantuan berupa satu unit mesin memproduksi es bagi nelayan rohil.

Mesin memproduksi es dengan kapasitas 1,5 ton itu rencananya akan diserahkan kepada salah satu kelompok nelayan di kecamatan Sinaboi.

“Kita mengusulkan sebanyak dua unit mesin memproduksi es untuk nelayan, akan tetapi baru disetujui Kementrian Kelautan Perikanan (KKP) RI itu baru satu unit. Insa Allah dalam waktu dekat mesin itu akan dikirim oleh pihak KKP ke Rokan Hilir, setelah di kirim baru kita serahkan kepada kelompok nelayannya,” Kata Kadis perikanan Rohil, Muhammad Amin S.Pi, Rabu (12/7) di Bagansiapiapi.

Amin mengatakan, Bantuan mesin memproduksi es itu memang sangat dibutuhkan oleh nelayan di Rokan Hilir. Oleh karena itu, dengan adanya mesin itu diharapkan membantu nelayan dan dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap diperairan Rohil.

“Selama ini nelayan kita mengeluh sulitnya mendapatkan es, kalaupun ada harganya cukup tinggi,” Ujar Amin.

Lanjutnya, selain bantuan mesin es dari KKP untuk mensejahterakan nelayan, Pemkab Rohil sebutnya juga berencana membangun unit pembuatan pakan dikecamatan Sinaboi.

“Kika unit pembuatan pakan ikan ini nantinya terealisasi, tentunya para penambak ikan ekonominya akan meningkat,” Ujarnya optimis.

Pembangunan  pembuatan pakan ikan itu nantinya juga dipusatkan dikecamatan Sinaboi, mengingat daerah itu memiliki banyak bahan bakunya berupa ikan lucah, dedak dan lain sebagainya.

“Sinaboi memang daerahnya sangat strategis dan berbatasan dengan kota Dumai serta banyak menyimpan kekayaan perikanan yang harus dikembangkan,” kata Amin sembari mengatakan jika unit pembuatan pakan ikan sudah terealisasi maka akan dilanjutkan dengan pembenihan udang galah dikecamatan Rimba Melintang. [Agung]

         

(Visited 42 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!