58 Ribu Ekor Bibit Ikan Baung Diserahkan Pemprov Kepada Rohil

Diterbitkan Tanggal: 22 / 08 / 17

Kategori: | RIAU, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, ROHIL – Gubernur Riau Ir. Arsyadjuliandi Rahman bersama Bupati H. Suyatno melakulan penebaran bibit ikan baung di sungai Rokan ,tepatnya di kepenghuluang Rantau Bais, Kecamatan Tanah  Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil),Senin-(21/08/17).

Restocking benih ikan Baung merupakan diprogramkan Dinas Perikananan Provinsi Riau yaitu sebanyak 58.500 ekor untuk di tebarkan di Sungai Rokan dan di sungai Pulau Tilan.

Selain penebaran bibit dikesempatan itu Pemerintah Provinsi Riau juga menyerahkan klaim Asuransi dan Kartu Asuransi Nelayan (KAN) senilai Rp 160 Juta. Kemudian penyerahan bingkisan kepada 70 orang Khalifah yg berasal dari disekitar Sungai Rokan.

Penebaran bibit ikan ini juga di saksikan oleh Wagubri, H. Wan Tamrin Hayim, Kadis Perikanan Provinsi Riau, anggota DPRD Provinsi Riau, H.Asri Auzar, Karmila Sari, Siswaja Muljadi.

Turut juga hadir pada kegiatan tersebut Forkopimda Rohil, Sekretaris Daerah H. Surya Arfan Msi, para Anggota DPRD dan para kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Penebaran bibit ikan ini merupakan salah satu bentuk penyelamatan populasi ikan baung yang mulai berkurang akibat pencemaran air sungai dan proses sedimentasi.

Dikesempatan itu, Gubernur Riau, Ir Arsyadjuliandi Rahman mengatakan, menebar bibit ikan baung di Sungai Rokan sengaja diprogramkam pihaknya melalui Dinas Perikanan,bertujuan agar potensi ikan baung di Sungai Rokan Rohil bisa lebih kembali meningkat, karna populasi ikan baung sudah berkurang akibat pencemaran limbah di sungai Rokan.

“Menebar benih ikan baung, tentinya potensi sungai rokan akan lebih meningkat. sungai tidak hanya sebagai  transportasi, harus di manfaatkan untuk menumpang hidup masyarakat, khususnya para nelayan yang ada ditanah putih,” kata Gubri Andi Rachman, Senin (21/8/2017) usai menebar bibit ikan baung.

Gubri berharap tiga tahun akan datang, benih ikan yang disebarkan kedalan sungai Rokan  tersebut sudah bisa beranak pinak.

“Mudah-mudahan nanti panen ikan baungnya bisa lebih banyak, sehingga hasilnya dapat mencukupi kebutuhan masyarakat dan nelayan setempat,” Harap Gubri.

Sementara itu, seorang tokoh masyarakat Rantau Bais, Bustamam mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemprov Riau yang memberikan perhati khusus kepada Rokan Hilir, dan selain bibit ikan baung, masih banyak lagi program lainnya dari Pemprov Riau Ke Rohil.

“Terima kasih banyak kepada Pemprov Riau yang telah memprogramkan sebanyak 58 ekor lebih bibit ikan baung, tidak hanya itu, Pemprov Riau juga memprogranian banyak pembangunan,” Ucap Bustamam. [Supriyanto]

         



(Visited 62 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!