Labuhanbatu Terima 169 Paket Bantuan Konversi BBM ke BBG

Diterbitkan Tanggal: 02 / 11 / 17

Kategori: | SUMATERA UTARA, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, RANTAUPRAPAT  –  Sejalan untuk meningkatkan penghidupan nelayan, pemerintah pusat melalui kementrian energi sumberdaya mineral republik indonesia berupaya untuk membantu penghidupan nelayan dengan memberikan bantuan BBM ke BBG – LPG.

Menanggapi hal tersebut Bupati Labuhanbatu H.Pangonal harahap SE . M.Si menyambut baik kunjungan kerja ketua Komisi VII DPR RI dan kementrian ESDM dalam rangka program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk kapal perikanan nelayan kecil.

“Selamat datang dan terima kasih kepada bapak ketua komisi VII DPR RI dan kementrian ESDM RI yang telah berkenan hadir di Labuhanbatu, dalam rangka kunjungan kerja program konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan nelayan kecil.

Kabupaten Labuhanbatu memiliki 4 kecamatan di wilayah pesisir yang mata pencarian masyarakatnya sebagian besar sebagai nelayan tradisional yang menggunakan kapal tradisional berukuran dibawah 5 grose tone. Dengan bahan bakar solar dan bensin serta alat penangkap ikan yang sederhana seperti belat dan jaring insang.

Menurut Pangonal, sama-sama kita ketahui untuk biaya oprasional nelayan sebagian besar masih diperuntukan terhadap pembelian bahan bakar apa lagi sudah dibatasinya pembelian BBM bersubsidi sudah pasti menambah biaya pengeluaran nelayan.

Kita patut bersukur labuhanbatu telah terpilih untuk mendapatkan paket bantuan konversi BBM ke BBG. Pada tahun ini kementrian telah memberika 169 paket. Hal ini merupakan bentuk dari pelaksanaan program diversifikasi energi dalam rangka peningkatan ketahansn energi dan perekonomian masyarakat nelayan serta menekan subsidi BBM.

Tambah pangonal,  adapun persyaratan untuk mendapatkan paket bantuan di tentukan oleh kementrian. Diperuntukan bagi nelayan yang memiliki kapal dibawah 5 gt, memiliki mesin dibawah 13 Pk. Menggunakan bahan bakar bensin dan alat pebangkap ikan yang ramah lingkungan serta belum pernah mendapat bantuan sejenis. Ujar pangonal.

Kunjungan kerja DPR RI dan kementrian ESDM yang di adakan di Tangkahan tanjung serang elang kecamatan panai hulu tersebut di hadiri Ketua komisi VII DPR RI H.Gus irawan pasaribu.SE. Ak.MM, CA. Direktur tehnik ESDM Patuan alfon simanjuntak, Bupati Labuhan batu H.Pangonal harahap SE.Msi. Maneger domestik Gas region sumbagut PT Pertamina Cornelius daman sasongko, Ketua DPRD Labuhanbatu, sekdakab labuhanbatu,staf ahli, SKPD labuhan batu dan camat se labuhanbatu.

Dalam pidato nya ketua komisi VII DPR RI Gus irawan pasaribu menjelaskan”  ini adalah salah satu kebijakan energi nasional untuk mewujudkan ketahanan energi, merupakan salah satu upaya pemerintah dengan diversifikasi energi yaitu menyediakan alternatif energi yang dapat di gunakan.

Program konversi BBM ke BBG adalah salah satu program yang mendukung Diversifikasi energi tersebut, tujuan dari program konversi untuk nelayan tersebut yakni memberikan solusi penyediaan energi alternatif yang ramah lingkungan dan sudah familiar di masyarakat,yang juga turut menyelamatkan lingkungan dengan menekan emisi gas karbon monoksida / gas buang,dan juga mengurangi kerusakan terumbuh karang akibat tumpahan minyak.

Gus Irawan berpesan agar kiranya bantuan paket ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat. [rahmad]

         



(Visited 71 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!