Atasi Gangguan Hama, Babinsa Sawang Lakukan Penyemprotan Padi 

Diterbitkan Tanggal: 12 / 11 / 17

Kategori: | ACEH, TNI, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN – Salah satu Babinsa Koramil 05/Sawang Serka Safarudin melakukan penyemprotan hama pada tanaman padi yang sudah mulai tumbuh dewasa di lahan sawah percontohan Desa Blang Geulinggang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (11/11/2017).

Menurut Informasi yang diperoleh Pendim0107Asel dari Batuud koramil Sawang Serka Dasrimus bahwa pembuatan lahan percontohan itu atas hasil kerjasama Koramil, PPL dan Poktan. Untuk padi yang ditanami menggunakan sistem jajar legowo 2:1 dengan luas tanam sekitar 1/4 hektar.

Batuud menerangkan, sistem tanam padi jajar legowo 2:1 adalah setiap dua baris diselingi satu baris yang kosong dengan lebar dua kali jarak tanam.

“Ini sebagai contoh bagi petani karena terbukti lebih unggul. Jadi sistem Jarwo 2:1 itu memiliki jarak tanam dalam baris yang memanjang di perpendek menjadi setengah jarak tanam dalam barisan nya,” ulas Serka Dasrimus.

“Masih banyak lagi keunggulannya, jumlah anakan/rumpun tanaman akan bertambah banyak sekitar 30%, barisan padi berada di pinggir, maka penyinaran matahari optimal, Sirkulasi udara akan lebih lancar, mudah dalam pemeliharaan khususnya pemupukan, penyiangan, dan perawatan dan lain sebagainya,” timpalnya.

Oleh karena itu, untuk masa perawatan dan pemeliharaan perlu diterjunkan Babinsa dalam menjaga kesuburan dan keselamatan dari hama yang menyerang padi.

Seperti yang dilakukan Serka Safarudin Babinsa Desa Blang Geulinggang lokasi penanaman padi percontohan. Ia menyemprot seluruh tanaman padi yang tampak begitu hijau.

“Alhamdulillah sampai saat ini begitu subur, hijau dan padipun sudah mulai dewasa, ini kita rawat selalu, kita semprot karena kemungkinan ada hama yang menyerang,” kata Serka Safarudin.

Terlihat juga masyarakat sedang memperhatikan Serka Safaruddin  menyemprot padi dari gangguan hama.

“Lahan sawah ini adalah milik Kelompok Tani, cuma kami bersama-sama merawat dan menjaganya, lahan ini kami jadikan contoh kepada Poktan lainnya agar mereka bisa melihat keunggulan-keunggulan sistem tanam jajar legowo yang kami buat.” sebut Safaruddin.

Serka safaruddin berharap, apa yang Ia lakukan dengan upaya memberikan pendampingan yang maksimal, nantinya akan tumbuh subur dan mendapatkan hasil yang melimpah.

Sementara, Ketua kelompok tani sangat-sangat berterimakasih kepada Babinsa dan Dinas Pertanian Aceh Selatan karena telah memberikan pemdampingan yg baik.

“Rasa terimakasih saya kepada Pak Babinsa, PPL dan Dinas pertanian Asel, selama ini telah memberikan yang terbaik untuk petani kami demi kamakmuran masyarakat petani,” tutup ketua Poktan. [Hatta]

         



(Visited 231 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!