2222: Dukung Program Pembangunan Nasional dan Peningkatan SDM, Kemensetneg Selenggarakan Rakor dengan Mitra Pembangunan

Diterbitkan Tanggal: 17 / 11 / 17

Kategori: | JAKARTA, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Meningkatkan kemampuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia melalui  alih pengetahuan dan teknologi dari mitra pembangunan kepada tenaga/lembaga Indonesia serta mendukung pelaksanaan pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan upaya pengentasan kemiskinan merupakan tujuan dari kerja sama pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan mitra pembangunan. Untuk itu Kementerian Sekretariat Negara menyelenggarakan rapat koordinasi dengan mitra pembangunan dengan tema “Pengelolaan Dampak yang Berkelanjutan melalui Penguatan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi dalam Rangka Kerja Sama Pembangunan” yang di adakan di kota Tangerang, Kamis (16/11).

Dalam sambutannya, Kepala Biro Kerjasama Teknik Luar Negeri, Rika Kiswardani menegaskan bahwa pelaksanaan kerja sama pembangunan pada saat ini mendapatkan kritik terbesar yang terletak pada laporan yang disampaikan, sebagian besar laporan hanya berfokus pada ‘OUTPUT’ dan bukan pada ‘OUTCOME’. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pembangunan sistem Monitoring dan Evaluasi yang mencakup framework, guideline dan instrumen agar program pembangunan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Apa yang harus dimonitor atau dievaluasi? Apa yang seharusnya menjadi fokus kegiatan monitoring dan evaluasi? Prinsip apa saja yang digunakan? Siapa yang seharusnya melakukan monitoring dan evaluasi?” ini merupakan pertanyaan-pertanyaan dasar yang akan menjadi dasar perancangan instrumen sehingga hasil program pembangunan lebih terukur.” Jelas Rika dalam sambutannya.

Selain itu dengan Monitoring dan Evaluasi juga membantu menyediakan laporan yang didasarkan pada temuan di lapangan yang selanjutnya digunakan sebagai dasar  alokasi sumber daya dan bagaimana mengidentifikasi tantangan yang dihadapi di lapangan serta bagaimana mereplikasi praktik-praktif baik ke wilayah lain.

Rapat koordinasi ini membawa dampak positif, yaitu berupa masukan dari peserta rakor untuk pengembangan kerjasama pembangunan yang dijalankan selama ini. Guna mendukung program pembangunan serta peningkatan SDM, Kemensetneg bersama dengan mitra pembangunan akan terus memperbaiki kualitas Monitoring dan Evaluasi. [HAN-Humas Kemensetneg]

         

(Visited 262 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!