Safura Asnawi Paparkan Keunggulan Sapi Madura

Diterbitkan Tanggal: 03 / 12 / 17

Kategori: | JAMBI, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, MUARA SABAK – Mendorong percepatan ekonomi kerakyatan  Pemkab Tanjabtim melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan secara berkelanjutan melakukan peningkatan pengembangan budi daya ternak yang bertujuan membangun ekonomi Tanjabtim Merakyat, pembinaan peternakan akan berkontribusi menuju peternak yang mandiri. Untuk pencapaian  yang dimaksud, kita tetap konsen melakukan berbagai terobosan mendorong SDM para peternak, ujar Safura Asnawi belum lama ini.

Ditemui, dilokasi Taman Tehnologi Pertanian (TTP) Geragai Kabupaten Tanjabtim Provinsi Jambi Kadis Perkebunan dan Peternakan Tanjabtim, Ir. Rajito melalui  Kabid Peternakan Safura Asnawi, S.Pt   disela kegiatan rutinnya melakukan pengawasan dan perawatan sapi PO asal Madura.

“Ada 11 ekor sapi PO sebelum kita serahkan kepada masyarakat melalui kelompok, harus dipastikan sapi-sapi tersebut benar-benar sehat, jadi secara intensif dan berkala  pihaknya  tetap  memantau”, sebut Kabid kepada Jambiecpress.com.

“Dari 15 ekor sapi yang baru didatangkan, 4 ekor diantaranya adalah sapi Bali, sementara 11 ekor Sapi PO dari madura jenis pejantan dan betina”, sambung Safura.

Dijelaskan, “Sapi PO adalah hasil persilangan antara sapi pejantan sapi sumba ongole dengan sapi betina Jawa, sapi PO adalah tipe pekerja dan pedaging yang bertampremen tenang, tahan terhadap iklim panas dan mampu beradaptasi dengan kondisi yang minim”, papar Safura.

“Keunggulan sapi PO,selain tahan terhadap panas, tahan terhadap ekto dan endoparasit, daya tahan ini lebih bagus dari jenis sapi lain, selanjutnya aktivitas repodruksi induknya cepat, untuk kwalitas daging sangat baik dan pertumbuhannya pun relatif cepat”, jelas Safura lebih detail.

Kabid berharap dan mengajak petani ternak sapi di Tanjabtim jangan khawatir mengembangkan sapi PO dan para peternak untuk lebih koferatif jika ada tampak ada kelainan pada ternak peliharaannya untuk segera menghubungi Dinas Peternakan sebab setiap yang bernyawa namanya tantangan sudah pasti ada, kata Safura dengan seruan menghimbau. [Jdk/Red]

         



(Visited 233 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!