2719: Senam Tera dan Lomba Permainan, Semarakkan Dongeng Islami

Diterbitkan Tanggal: 02 / 01 / 18

Kategori: | JAWA TENGAH, TNI, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, BANYUMAS – Ratusan anak yang turut hadir sebagai perwakilan dari masing-masing Persit KCK Cabang dan Anak Ranting Titipan sejajaran Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV/Dip beserta  perwakilan dari Jalasenastri Lanal Cilacap dan Pia Ardya Garini Lanud Jenderal Soedirman Purbalingga, sebelum dilaksanakan kegiatan inti yakni Mendongeng Islami dalam rangka Memperingati Hari Ibu dan HUT Ke-56 korps Wanita TNI AD (Kowad) Tahun 2017, mereka melaksanakan Senam Tera dan berbagai Lomba Permainan dianyaranya Lomba Estafet beregu Gelang Karet menggunakan Strup Minuman dan Lomba Angka Berantai Beregu.

Dengan dipandu Kasiterrem 071/Wk Letkol Inf Sapto Broto, mengawali kegiatan lomba Gelang Karet Strup Minuman, anggota Jasrem 071/Wk memberikan contoh apa yang harus dilakukan anak-anak dalam setiap kelompoknya. Setiap kelompok, terdiri sepuluh orang dan masing-masing anak harus menggigit strup minuman. Setelah strup minuman digigit, mulai dari anggota baris belakang kelompoknya, gelang karet kemudian digelantungkan distrup minuman dan kemudian dialihkan kerekannya yang didepannya yang sudah siap menerima gelang karet tersebut. Usai berhasil mengoper/mengalihkan gelang karet kerekannya, lalu ia berlari ke barisan depan untuk menerima gelang karet selanjutnya dan seterusnya hingga garis finis sejauh kurang lebih sepuluh meter dari titik start awal. Di titik garis finish, peserta atau kelompok yang dengan terampil dan cepat membawa gelang karet, di titik finish sudah siap salah seorang anggota kelompoknya menerima gelang karet dengan membawa sebuah botol minuman yang berfungsi meletakkan gelang karet di botol tersebut. Siapa cepat dan terampil menggelantungkan gelang karet karet dan meletakkannya di botol minuman, ialah kelompok yang berhasil menjuarai lomba permainan meletakkan gelang karet ke botol minuman dengan menggunakan strup minuman secara berantai beregu/kelompok.

Disamping lomba kecepatan dan keterampilan membawa gelang karet dengan cara menggelantungkan gelang karet di strup minuman dan memasukannya ke botol minuman secara beregu/berkelompok, para peserta juga dituntut untuk mahir, terampil dan tangkas dalam olah angka berkelompok.

Olah angka diawali dengan dibagikannya urutan angka, mulai angka satu hingga sepuluh. Diawali dengan diambilnya angka satu oleh ketua kelompok masing-masing kelompok, dan seterusnya oleh anggota dalam tiap kelompok secara acak dalam barisan kelompoknya. Setelah setiap kelompok menerima lembar potongan kertas bertuliskan angka-angka tersebut, mereka secara bersamaan maju kedepan garis yang ditentukan, dan setelah berkumpul didepan, mereka kembali ke tempat daerah persiapan awal untuk menyusun angka-angka tersebut dalam kelompoknya masing-masing. Kelompok yang berhasil sebagai pemenang, kelompok yang dengan cepat dan tangkas menyusun kelompoknya sesuai urutan angka yang ditentukan panitia, dari urutan angka terbesar sepuluh di baris terdepan hingga terkecil satu paling belakang barisan.

Antusiasme anak-anak yang mengikuti lomba permainan ini, sangat tinggi, hal ini dengan diperlihatkannya keceriaan dan kegembiraannya serta semangat mereka mengikuti jalannya lomba.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip Ny.Evi Julianti Suhardi menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini selain untuk menyemarakkan kegiatan mendongeng Islami, juga untuk melatih dan membina mereka tentang nilai-nilai kedisiplinan pada anak. Sehingga dengan berdisiplin dalam setiap kehidupannya kelak mereka akan menjadi anak-anak Indonesia yang selalu memegang jatidiri sebagai kebanggaan bangsa. [Prabowo]

         

(Visited 250 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!