2784: Rizky Vadillah, Sosok Dibalik Keberhasilan @weloveunej

Diterbitkan Tanggal: 09 / 01 / 18

Kategori: | JAWA TIMUR, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, JEMBER – Mungkin boleh dikata hampir semua mahasiswa Kampus Tegalboto, khususnya yang gandrung akan media sosial (medsos) bakal kenal dengan nama akun instagram @weloveunej. Akun yang memiliki pengikut (follower) mencapai 29.400 orang ini kini menjadi salah satu media sosial yang turut menyebarluaskan beragam informasi terkait Universitas Jember. Namun tidak banyak orang yang tahu, siapa sesungguhnya sosok di balik @weloveunej. Ternyata Rizky Vadillah, mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember yang merintis dan menjadi administrator @weloveunej, hingga sukses seperti saat ini.

“Semuanya berawal dari tahun 2013 saat kami kesulitan untuk mempromosikan kegiatan kami di Himpunan Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi. Muncul ide menggunakan medsos, awalnya sih hanya untuk woro-woro kegiatan internal, namun akhirnya dalam perkembangannya turut menyebarluaskan segala informasi dan kegiatan Universitas Jember,” ungkap Rizky saat ditemui di kampus (5/1).  Pilihan Rizky menggunakan medsos bukan tanpa alasan, menurutnya anak-anak muda jaman now lebih suka menggunakan medsos dibandingkan membuka website.

Menurut Rizky, pada awal munculnya @weloveunej, pengikutnya hanya seratusan orang saja, itupun hanya kawan-kawan seangkatan di Program Studi Sistem Informasi saja. Namun seiring dengan makin seringnya @weloveunej menyebarluaskan informasi mengenai Universitas Jember, pengikutnya bertambah hingga hampir menembus 30 ribu pengikut. Yang semula hanya mahasiswa Kampus Tegalboto, kini bertambah ke khalayak umum. Jika awalnya bersifat non profit hanya berisi pengumuman kegiatan saja, kini sudah mereguk keuntungan dengan mem-posting produk tertentu.

Beberapa produk yang promosinya dibantu oleh Rizky saat ini adalah produk-produk hasil ide mahasiswa Universitas Jember, seperti jasa ojek online atau produk kuliner. “Lumayan lah buat nambah uang saku anak kost, khusus untuk produk karya sesama mahasiswa, saya kasih diskon lho,” ujarnya sambil tersenyum. Rencananya setelah sukses dengan @weloveunej, dirinya akan membuat akun instagram yang khusus mengenai produk-produk mahasiswa kampus Tegalboto, nama akunnya @unejpreneur.

Mengingat kesibukannya saat ini menggarap skripsi, Rizky mulai berpikir untuk mengalihkan pengelolaan akun @weloveunej kepada yuniornya di Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, atau Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember. “Kalau saya lulus dan bekerja, tentu saja tidak di kampus Tegalboto lagi, sementara akun @weloveunej harus tetap jalan,” tutur mahasiswa yang ingin bekerja di perusahaan start up ini. “Saya ingin mencari ilmu dan pengalaman dulu, sebagai bekal jika membuka usaha sendiri, tentu usaha yang berbasis medsos,” tambahnya.

Kreativitas Rizky menuai apresiasi, salah satunya dari Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember. Menurutnya keberadaan @weloveunej membantu penyebarluasan informasi mengenai Kampus Tegalboto, sehingga turut mempromosikan Universitas Jember. “Kami dukung @weloveunej dengan cara memasok informasi, sementara untuk kreativitas biarlah menjadi wilayah Rizky. Semoga akan  diikuti oleh mahasiswa lainnya,” kata pria yang juga dosen FISIP ini.

Keberadaan akun @weloveunej kini berjalan seiring dengan medsos yang dikelola oleh Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember. Bahkan tidak jarang akun @weloveunej sering disangka akun resmi instagram Universitas Jember. “Suatu saat ada  ada seorang bapak di Kalimantan Timur yang komplain ke saya gara-gara anaknya tidak bisa membayar uang pendaftaran masuk SBMPTBR. Kalau menemui permasalahan seperti ini saya anjurkan agar mereka menghubungi Humas saja,” kata mahasiswa angkatan 2012 yang enggan difoto ini. “Biar @weloveunej yang tenar, saya di balik layar saja,” pungkasnya. [iim/ahm/ich]

         



(Visited 261 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!