3022: ABPEDNAS Hadir di Labuhanbatu Selatan

Diterbitkan Tanggal: 03 / 02 / 18

Kategori: | BERITA DESA, SUMATERA UTARA, TODAY |

Pengurus ABPEBNAS Labusel.

NUSANTARAEXPRESS, RANTAUPRAPAT – Medan Bisnis-Labusel. Sedari awal pemerintah sudah mengingatkan agar dana desa tidak disalahgunakan atau dikorupsi. Namun, setelah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) mengucurnya dana desa, maka mulai terdengar kasus penyelewengan. Tidak sedikit juga oknum Kepala Desa masuk Bui.

Ketua DPD ABPEDNAS (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional) Provinsi Sumatera Utara Jappar Siddik Nasution, S.Sos.I melakukan lawatan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jumat (02/02).

Pertemuan itu membahas tentang struktur organisasi kepengurusan DPC Abpednas Kabupaten Labusel, pengawasan penggunaan anggaran dana desa agar tidak disalahgunakan peruntukannya serta upaya membantu anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) mendapatkan haknya.

“Langkah awal Abpednas harus segera mengumpulkan seluruh BPD untuk diberikan bimbingan teknis”, ujar Jappar.

Menanggapi hal ini, Jappar Siddik menyatakan siap untuk mengawal dana desa yang jumlahnya sangat besar. “Kita akan kawal agar dana desa benar-benar sampai dan tidak digerogoti oknum yang tidak bertanggungjawab”, tutur Jappar.

Menurutnya, anggota BPD yang ada disetiap desa seluruh Indonesia bisa diberdayakan dalam melakukan pengawasan dana desa. “Bahkan melakukan pelaporan kepada Satgas tentang terjadinya penyimpangan dana desa”, sambungnya lagi.

Sementara, Ketua DPC ABPEDNAS Labusel H. Syamsul Bahri Hasibuan menginstruksikan kepada seluruh jajaran mulai tingkat desa, kecamatan dan kabupaten agar proaktif memberikan bimbingan kapada anggota BPD dalam hal pengawasan dana desa.

“Kami ingatkan, jangan sampai anggota BPD terlibat korupsi Dana Desa. Karena cepat atau lambat akan terjerat hukum”, tegas Syamsul.

“Untuk mengawal Dana Desa, Abpednas akan bekerja sama dengan Satgas atau penegak hukum di daerah dalam memantau penyaluran Dana Desa. Termasuk mengawasi oknum-oknum penegak hukum yang  turut  ‘bermain’,. Jelas Syamsul Bahri senada dengan pernyataan ketua DPD.

Sekretaris DPC Labusel Dahrunsyah Pasaribu mendukung sepenuhnya program kerja Abpednas, “Salah satu contoh adalah tidak jelasnya regulasi tentang diberikannya kesempatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada BPD. Padahal BPD punya tanggung jawab besar dalam mengawasi dan menjaga APBD Desa”. Ungkapnya.

“Selain itu, kesenjangan juga terjadi. Misal, di Desa Normark Kecamatan Kotapinang, Ketua BPD menerima honor sebesar Rp 1 Juta perbulan. Sementara untuk Desa Sabungan Kecamatan Sei Kanan, ketuanya saja hanya mendapatkan Rp 50 Ribu dalam setiap rapat”. Demikian Dahrunsyah menyatakan sesuai dengan pernyataan oknum perangkat BPD dari kedua Desa tersebut yang turut hadir.

Diketahui, Abpednas merupakan organisasi yang menaungi seluruh BPD di seluruh Indonesia. Sumut adalah salah satu daerah yang sangat aktif menjalankan sejumlah programnya.

DPD Abpednas Sumut misalnya, saat ini memiliki anggota di 12 kabupaten. Seperti Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Paluta, Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Nias Utara.

Berikut susunan kepengurusan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Labuhanbatu Selatan Masa Bhakti  2016 – 2021.

Ketua: H. Syamsul Bahri Hasibuan, Wakil Ketua: H. Sofyan MY Nasution, Hajjar Siregar, Yuspin S.H., Syawaluddin Hasibuan, H. Rusdi T. Gunawan SE. Sekretaris: Dahrunsyah Pasaribu. Wakil Sekretaris: Ismail Gardus Lubis, Hasby Juadi. Bendahara: H. Hamzah Harahap SE, Wakil Bendahara: Zulkiplan Siregar. Bidan Organisasi dan Pembinaan: H. Saat Hasibuan, Bidang Humas: Drs. Purwadi M.Pd, Bidang Hukum dan HAM / Tim Advokasi: Febriansyah Ali Hasibuan S.H., Bidang Ekonomi Sosial: Amir Hamzah Dasopang, Bidang Politik dan Hankam: Ahmad Najib Pulungan, Bidang Pendidikan dan Kebudayaan: Sams, Bidang Agama: H. Mulkan Nasution S.Pd.I, Bidang Dana dan Usaha: H. Damri Harahap S.Pd. [rahmad]

         



(Visited 273 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!