3383: Bupati Labuhanbatu Ikuti Rapat Apkasi Ministerial Forum

Diterbitkan Tanggal: 08 / 03 / 18

Kategori: | JAKARTA, SUMATERA UTARA, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap, SE, M.Si menghadiri acara rapat Dewan Pengurus Tahun 2018 dan Apkasi Ministerial Forum dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Ballroom APKASI di Jakarta. Kamis (8/3/2018).

Acara tersebut dibuka oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi R.I. H.M NURDIN yang dihadiri oleh seluruh Bupati Se-Indonesia.

Rapat Apkasi tersebut dipimpin oleh Sekjen Apkasi  Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdillah, Penasehat Khusus Apkasi Prof. Dr. H. M. Ryaas Rasyid, Ph.D dan paparan disampaikan oleh Ketua Umum Apkasi. Mardani H.Maming, S.H.,M.Sos.

Acara dimaksud bertujuan akan melaksanakan dialog antara peserta rapat dengan Menteri Desa PDTT/Dirjen PKTrans dan dilanjutkan Penandatanganan naskah kesepahaman antara apkasi dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Bupati labuhanbatu H.Pangonal Harahap melalui selulernya mengatakan, “Sebagai bahan informasi kepada kita bahwa APKASI ini adalah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia yang merupakan wadah pemerintah kabupaten dalam meningkatkan peran otonomi daerah dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan kabupaten”.

Dikatakan Pangonal. “Tugas Apkasi ini antara lain memfasilitasi kepentingan pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah sesuai hakekat otonomi daerah, sedangkan fungsinya adalah : Mitra Strategis Pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah, fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah, memfasilitasi kerjasama antara daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi daerah, Memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antara pemerintah daerah, Mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapi ekonomi global dan sebagai wadah diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan serta kebijakan dibidang Otonomi Daerah (OTDA).

Ditambahkan pangonal. “Mencermati peran dan fungsi APKASI yang sangat strategis dimaksud maka Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu selalu aktif mengikuti agenda apkasi untuk lebih mendorong peningkatan pembangunan daerah Labuhanbatu disegala Bidang Pembangunan”. tutup bupati tersebut. [rahmad]

         

(Visited 273 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!