3583: Dinas Kelautan dan Perikanan Labuhanbatu Jaga Habitat Ikan Terubuk

Diterbitkan Tanggal: 27 / 03 / 18

Kategori: | NEWS, SUMATERA UTARA, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU – Untuk menjaga habitat ikan terubuk di Labuhanbatu khususnya Sungai Berumun, Dinas Kelautan dan Perikanan Labuhanbatu berlakukan larangan bagi nelayan untuk melakukan penangkapan diwaktu tertentu.

Larangan itu diberlakukan atas Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 43/KEPMEN-KP/2016 tanggal 2 Agustus 2016 tentang penetapan status perlindungan terbatas ikan terubuk (Tenualosa ilisha).

“Dalam Kepmen itu menyebutkan ikan terubuk jenis ikan yang dilindungi dengan status perlindungan terbatas”, ucap Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu Ir.Jumingan, Selasa (27/3/2018).

Dikatakan Jumingan, pihaknya telah mensosialisasikan Kepmen tersebut kepada nelayan yang tinggal di desa Sei Rakyat hingga Desa Sei Berombang agar tidak melakukan penangkapan ikan terubuk pada saat air pasang mati (antara 5-7 hari) antara bulan terang ke bulan gelap dan antara bulan gelap ke bulan terang pada puncak bulan Januari sampai April.

“Setiap bulan tersebut nelayan kita larang menangkap ikan terubuk. Sebab, di bulan itu, ikan terubuk sedang proses bertelur.  Jadi, jika saat ikan sedang proses bertelur ditangkap maka akan menghambat perkembangbiakan ikan”, jelas Jumingan.

Setelah diberlakukannya larangan kepada nelayan, sambung Jumingan, hasil tangkapan selama tahun 2017 terjadi peningkatan.

“Setelah kita sosialisasi, nelayan menerima hal itu. Dan Alhamdulillah, terjadi peningkatan hasil tangkapan oleh nelayan”, terangnya.

Walaupun Demikian, Jumingan berencana tetap melakukan pengawasan terhadap nelayan agar mematuhi peraturan yang telah ditentukan.

“Kita tetap lakukan patroli. Jika ada kedapatan, maka nelayan tersebut akan kita tangkap dan kita beri pembinaan dan teguran. Sebab, peraturan itu kita buat agar hasil tangkapan nelayan meningkat dan kelestarian ikan terubuk yang menjadi ikan khas warga Labuhanbatu dapat terjaga kelestariannya”, tandasnya. [rahmad]

         

(Visited 274 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!