3641: Tiga Wisudawan Raih IPK Tertinggi Pada Wisuda Periode V Universitas Jember

Diterbitkan Tanggal: 03 / 04 / 18

Kategori: | JAWA TIMUR, PENDIDIKAN, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, JEMBER – Wisuda periode V tahun akademik 2017/2018 di gedung Soetardjo hari Sabtu (31/3) diwarnai dengan peristiwa yang unik. Ada tiga wisudawan Strata satu (S1) yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, uniknya mereka bertiga berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Mereka adalah Samsul Bahri, S.Pd., Syarifatul Luthfia, S.Pd., dan Sitti Alifatul Hasanah, S.Pd yang mengukir IPK 3,93. “Karena memiliki IPK yang sama, maka peraih IPK tertinggi ditentukan dengan melihat lama masa studi, dan Sitti Alifatul Hasanah dari Program Studi PGSD yang menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 tahun 5 bulan menjadi yang terbaik,” ujar Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember, saat ditemui seudai acara wisuda.

Sebelumnya dalam pidato wisudanya, Moh. Hasan kembali mengingatkan para wisudawan agar bersiap berkarya berbekal ilmu yang telah diperoleh di Kampus Tegalboto, dimanapun nantinya berada. “Bangsa Indonesia sudah berkomitmen turut mewujudkan semua target Sustainable Development Goals atau SDGs, yang sudah ditetapkan oleh PBB. Oleh karena itu saya mengajak semua wisudawan yang diwisuda hari ini untuk turut berkontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing,” himbau Moh. Hasan. Rektor lantas memaparkan beberapa target yang masih harus diusahakan tercapai, antara lain di bidang pendidikan dimana wajib belajar sembilan tahun belum tercapai, sementara angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi menjadi permasalahan di bidang kesehatan.

Wisuda periode V tahun akademik 2017/2018 juga menampilkan H. Andi Alamsyah, Direktur Shafira Tours and Travel. Alumnus Hubungan Internasional FISIP ini memberikan motivasi berdasarkan pengalamannya meniti karir di bidang perbankan hingga sukses menjadi pengusaha. “Ada tiga pesan saya bagi wisudawan, jika ingin jadi pengusaha haruslah ulet, pandai membaca peluang dan hemat. Sementara bagi yang ingin meniti karir janganlah pilih-pilih pekerjaan, sebab Anda membutuhkan pengalaman. Yakinlah suatu saat nanti akan ada titik balik dalam kehidupan Anda dimana bakal fokus pada satu bidang,” ujar Andi Alamsyah yang diwisuda tahun 1989 ini.

Samsul Bahri, Syarifatul Luthfia, dan Sitti Alifatul Hasanah adalah bagian dari 97 wisudawan yang lulus dengan pujian (cum laude). Jika Sitti Alifatul Hasanah menjadi peraih IPK tertinggi di jenjang strata satu (S1), maka Mohammad Tohir, S.Pd., M.Pd., dari Program Magister Matematika FKIP menjadi lulusan strata dua (S2) yang meraih IPK terbaik, IPK-nya 4,00 alias sempurna. Sementara Asa Dina Safitri, A.Md yang lulusan Diploma Teknik Fakultas Teknik dengan IPK 3,75 menjadi terbaik di jenjang diploma. “Dari 900 wisudawan di periode V ini 21 persen lulus tepat waktu, 97 orang wisudawan lulus dengan pujian, dan 39 wisudawan terbaik berasal dari FKIP. Selamat untuk FKIP Universitas Jember,” ungkap Moh. Hasan. [HUM/ICH]

         

(Visited 302 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!