PMI Jember Gelar Bakti Sosial “Periksa Kesehatan Warga Jubung” Menjelang Ramadan 1439 H

Diterbitkan Tanggal: 18 / 05 / 18

Kategori: | JAWA TIMUR, KESEHATAN, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, JEMBER – PMI Jember punya cara tersendiri menyambut datangnya bulan Suci Ramadan 1439 H. PMI menggelar kegiatan pemeriksaan gratis di Unit Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi. Tepatnya di Jalan Brawijaya Nomor 61 A Jubung, sebelah Dinas DPU Binamarga Jember.

Puluhan warga Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, berduyun-duyun datang ke kantor PPGD PMI. Bahkan, Kades Jubung Bhisma Perdana ikut menemani warganya yang sedang periksa kesehatan gratis. Perangkat Desa Jubung juga ikut datang membantu warga yang periksa kesehatan.

Menurut Ketua PMI Jember E.A. Zaenal Marzuki, kegiatan pemeriksaan gratis sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Khususnya untuk warga Desa Jubung yang tinggal di sekitar PPGD PMI. “Ini bagian dari kepedulian PMI Kabupaten Jember kepada masyarakat,” kata Zaenal.

Dia menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut untuk cek tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat. “Kebanyakan yang melakukan periksaan warga yang sudah tua-tua makanya pemeriksaan difokuskan pada cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Ini untuk menyambut bulan Suci Ramadan 1439 H juga,” katanya

Zaenal menjelaskan, pos PPGD Jubung ke depan akan berfungsi sebagai klinik pratama untuk melayani masyarakat. Saat ini sarana dan prasarana sudah disiapkan. PMI juga sudah mulai menyiapkan tenaga medis yang bertugas di pos PPGD yang selanjutnya akan menjadi klinik pratama kesehatan. “Ke depan klinik kesehatan PMI yang saat ini masih pos PPGD akan melayani masyarakat juga. Saat ini masih dalam proses menyiapkan sarana prasarana dan SDM-nya,” imbuhnya.

Bahkan, sambungnya, tim kesehatan PMI sudah sering turun ke masyarakat sekitar pos PPGD. “Tim kesehatan sudah sering terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan. Bahkan, ada beberapa masyarakat yang rutin menghubungi petugas kesehatan PMI di PPGD untuk datang ke rumahnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kades Jubung Bhisma Perdana menyambut baik kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan tim kesehatan PMI. “Kami sambut baik kegiatan semacam ini. Ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan gratis seperti ini,” ungkap Bhisma. [hms/ich]

         

(Visited 231 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!