4376: Kapolres Bersama Dandim 0824 Pimpin Patroli Bersama Wujudkan Rasa Aman Masyarakat Jember

Diterbitkan Tanggal: 04 / 06 / 18

Kategori: | KALIMANTAN TIMUR, POLRI, TNI, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, JEMBER –  Pada Minggu 03/05/2018 pukul 08.00 Wib dilaksanakan patroli bersama antara Kodim 0824 Jember dengan Polres Jember, dengan sasaran tempat ibadah Gereja, Masjid, tempat-tempat keramaian dan lain-lain.

Kegiatan diawali oleh apel personel di Mapolres Jember yang dipimpin oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo didampingi Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar yang mengajak seluruh personel untuk melakukan kegiatan patroli ini dengan sungguh-sungguh.

Tehnis kegiatan patroli yang dilakukan dengan sasaran tempat ibadah Gereja yang saat ini umat Krisitiani sedang melaksanakan Kebaktian, Masjid-masjid serta tempat-tempat keramaian dan lain-lainnya juga dijelaskan pada saat apel tersebut oleh AKBP Kusworo Wibowo.

Selanjutnya patroli diberangkatkan dengan personel terdiri dari 1 Pleton anggota Kodim 0824 dan  2 pleton  personel Polres Jember diikuti langsung oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dan Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar.

Sasaran patroli awal yaitu ke Gereja St Yusuf Jl Kartini Jember, Gereja Eklesia Jl PB Sudirman Jember, GKJW Jl Karimata Jember serta gereja-gereja lainnya dan dimasing-masing lokasi tersebut dilakukan penyisiran sekilas dilingkungan gereja sehingga Umat Kristiani yang sedang melaksnakan peribadatan terjamin keamanannya dan dapat menjalankan ibadah dengan khidmat.

Di Gereja-gereja tersebut AKBP Kusworo Wibowo dan Letkol Inf Arif Munawar disambut oleh Pengurus Gereja dan Pendeta yang rata-rata menyampaikan terima kasih kepada Kapolres maupun Dandim 0824 atas pengamanan yang dilakukan.

Usai kegiatan tersebut Kapolres Jember AKBP Kusworo wibowo berdampingan dengan Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa patroli ini merupakan implementasi dari  penekanan Kapolri agar kejadian teror Bom di Surabaya yang lalu merenjadikan aksi teror yang terakhir.

Lebih Lanjut AKBP Kusworo Wibowo menyampaikan bahwa kita menerapkan pengamanan berlapis bersinergi dengan Kodim 0824 dan instansi terkait lainnya diseluruh gereja di Kabupaten Jember, bahkan disamping dilakukannya pengamanan langsung kita Polres Jember maupun Kodim 0824 menyiagakan personel on call di markas kita sehingga siap bergerak sewaktu-waktu diperlukan seperti  yang hari ini kita bawa patroli adalah personel tersebut.

Hal ini untuk memberikan rasa aman dan menghilangkan traumatik kepada jemaat gereja, selain menyiagakan petugas di tempat-tempat ibadah, kami juga menempatkan petugas di tempat tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan pasar pasar,” ujarnya.

Kemudian terkait dengan musim mudik lebaran, kapolres juga menghimbau kepada warga yang ingin mudik untuk menggandakan kuncinya serta lapor ke pengurus rt atau polsek-polsek, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan.

Kita juga menghimbau kepada warga yang akan mudik untuk menggandakan kunci rumahnya, serta lapor ke pengurus RT/RW, lingkungan maupun ke Polsek, jika ada barang berharga yang akan di titipkan ke Polisi, silahkan koordinasi dengan Polsek setempat. Pungkas AKBP Kusworo Wibowo.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa TNI dalam hal ini Kodim 0824 Jember senantiasa bersinergi untuk menjaga kondusifitas warga Jember, dan hal tersebut tentunya sesuai dangan UURI no 34 Tahun 2004 terkait tugs pokok TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya membantu tugas pengamanan Polri.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa Polres Jember dan Kodim 0824 Jember memberlakukan pengamanan berlapis tersebut baik di tempat-tempat ibadah maupun di pusat keramaian dengan menurunkan pengamanan terbuka dan tertutup dan menekankan kepada petugas-petugas keamanan tersebut untuk melaksankaan tugasnya dengan sunguh-sungguh untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat. Pungkas Letkol Inf Arif Munawar.

Dari hsil pantauan kami bersama awak media lainnya , terlihat petugas yang disiagakan di beberapa gereja di Jember, yang dilengkapi senjata dan rompi anti peluru yang berjaga di pintu masuk gereja. [sis24/ich]

         

(Visited 224 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!