4450: Dandim 0107/Asel Terjun Langsung ke Lokasi Kebakaran Lahan Kebun di Bakongan

Diterbitkan Tanggal: 11 / 06 / 18

Kategori: | ACEH, TNI, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN – Tim gabungan TNI/Polri dan BPBD Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan upaya pemadaman kebakaran lahan sawit milik salah seorang warga masyarakat Desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Minggu (10/06/2018).

Aksi pemadaman area kebun sawit tersebut mendapat perhatian dari Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto dan Kapolres Asel AKBP Dedy Sadsono, ST yang datang meninjau langsung ke lokasi kebakaran.

Tampak juga hadir di lokasi Kepala BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma, S, Stp, Camat Kota Bahagia, Danramil dan Kapolsek Bakongan.

Dandim 0107/Asel mengatakan, tim gabungan yang diterjunkan ke lokasi terus bersinergi melakukan upaya pemadaman api sehingga dapat diantisipasi meluas ke area kebun lainnya termasuk kawasan hutan lindung.

“Kita terus berupaya memadamkan api dengan peralatan yang ada, termasuk pengerahan alat berat,” ucapnya.

Targetnya, dalam operasi pemadaman api ini lebih di utamakan terhadap pemutusan titik api dengan cara menggali parit air sehingga api tidak semakin meluas.

Lebih lanjut, Dandim turut menghimbau kepada warga setempat, agar tidak sembarangan membakar lahan mengingat saat sekarang musim kemarau.

“Untuk masyarakat, apabila ingin membuka lahan baru agar tidak membakarnya disaat musim kemarau karena dapat dengan cepat api merambat dan melahap ranting kayu dan rumput serta semak belukar yang kering. saat ini juga jarang sekali turun hujan,” imbau Dandim.

Diketahui, kebakaran lahan sawit seluas lebih kurang 50 hektar tersebut sudah terjadi sejak hari Jum’at malam (08/06), berawal dari tindakan salah seorang warga Ujung Padang yang dengan sengaja membakar lahan miliknya untuk keperluan menanam pohon sawit.

Sampai berita ini ditayangkan, pihak tim gabungan dibantu pemadam kebakaran masih terus bergelut memadamkan beberapa titik api yang masih mengeluarkan bara dan asap di lahan yang bergambut. [Pendim 0107]

         

(Visited 234 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!