4479: Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Pasukan Pengamanan Kampanye Terbuka Pilkada Asel 2018

Diterbitkan Tanggal: 21 / 06 / 18

Kategori: | ACEH, TNI, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN – Kodim 0107/Asel  melaksanakan gelar pasukan untuk pengamanan kampanye terbuka tujuh Paslon Bupati-Wakil Bupati Aceh Selatan periode 2018-2023.

Pantauan media, sampai hari ini, Rabu (20/06/2018), sudah 3 kandidat yang melaksanakan kampanye terbuka yaitu Paslon Darman-Baital, Husin Yusuf-Mustafril dan Azwir-Tgk.Amran. Sedangkan untuk 4 Paslon lainnya akan dilaksanakan esok hari tanggal 21 sampai 23 Juni 2018.

Untuk diketahui, tahap kampanye terbuka yang telah ditetapkan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan telah dimulai sejak tanggal 18 hingga 23 Juni 2018.

Untuk memastikan aman dan lancar jalannya kegiatan kampanye tersebut, pihak Kodim 0107/Asel telah memberikan perbantuan kepada Polres Asel dengan melibatkan pasukan organik Kodim dan BKO Yonif 115/ML.

Saat dikonfirmasi awak media, Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto menjelaskan bahwa pasukan pengamanan dari organik Kodim Asel ataupun pasukan BKO Yonif 115/ML berada dibawah kendali Dandim dan sudah tersebar diseluruh titik.

“Kita sudah gelar pasukan di seluruh titik, penempatannya baik di lokasi kampanye maupun tempat lain seperti jalan dan tempat yang dianggap perlu mendapat pengamanan khusus,” terangnya.

Menurut Dandim, Kampanye ini diperkirakan akan menghadiri puluhan ribu massa yang akan memadati lokasi. Ia juga mengungkapkan akan terjadi kemacetan disepanjang jalan oleh lalulintas kendaraan yang mengangkut massa.

“Oleh karena itu, untuk kesiapsiagaan, kita siapkan pasukan untuk membantu pihak kepolisian,” ucapnya.

Dandim memaparkan, pasukan pengamanan yang sudah digelar disebar ke beberapa titik dan melibatkan beberapa tim yang telah terorganisir menjadi beberapa kelompok.

“Yaitu diantaranya kelompok komando Kodim sebanyak 9 orang, Koramil jajaran 44 orang tersebar di 18 Kecamatan bersama dengan Polsek untuk mengamankan pergerakan massa dari daerah masing-masing menuju ke lokasi Kampanye,” terangnya.

Sedangkan untuk personil Kodim 0107/Asel yang BKO ke Polres, ungkap Dandim, melaksanakan pengamanan di 5 titik (bergabung dengan polres Aceh Selatan) yaitu di lokasi kampanye, Bundaran tugu pala Tapaktuan, Simpang terapung Tapaktuan, Jembatan Desa Gunung Kerambil, jalan Desa Air Dingin, Kecamatan Samadua.

Lanjutnya, khusus pasukan dari satuan tempur Yonif 115/ML sebanyak 32 orang ditempatkan di tiga titik yaitu Koramil, Polsek dan tempat-tempat keramaian.

“Pasukan Pam dari Yonif 115/ML kita tempatkan di Koramil dan Polsek serta tempat keramaian. Seperti pelaksanaan pengamanan kampanye hari ini untuk Paslon nomor urut 2, pasukan siaga di Koramil Samadua, Polsek Samadua dan di belakang Puskesmas Samadua dengan jarak 200 meter dari lokasi kampanye, bergabung dengan personil Brimob,” demikian penyampaian Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto. [Pendim 0107]

         

(Visited 227 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!