4545: Pemkab Labusel Realisasikan Perpustakaan Diseluruh Desa

Diterbitkan Tanggal: 06 / 07 / 18

Kategori: | BERITA DESA, SUMATERA UTARA, TODAY |

NUSANTARAEXPRESS, LABUSEL – Mencerdaskan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara sangatlah  membutuhkan sarana pendukung, hal tersebut tak lain  bertujuan untuk menopang kehidupan pendidikan di Indonesia yang selama ini baik menjadi lebih baik kedepannya.

Menyikapi hal tersebut, pada kesempatan acara Sosialisasi Gerakan Literasi Nasional yang diprakarsai oleh Balai Bahasa Provsu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (3/7/2018) di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan. Pemkab. Labuhanbatu Selatan melalui Wakil Bupati Kholil Jufri Harahap memerintahkan kadis Perpustakaan membuat perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan se-kabupaten Labuhanbatu Selatan. “39 desa sudah memiliki perpustakaan desa, saya minta Kadis Perpustakaan untuk melengkapi perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan yang ada,” tegas Kholil seraya meminta untuk membuat program perpustakaan sekolah di seluruh sekolah yang ada baik di tingkat SD, SLTP dan SLTA.

Sementara itu Kepala Balai Bahasa Provsu DR. Fairul Zabadi dalam sambutannya mengajak seluruh elemen di kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk menggelorakan semangat Literasi. “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Bahasa Provsu akan menjadikan Labuhanbatu Selatan sebagai projek Literasi di Provsu dan Nasional,” jelas Fairul.

Lanjut Fairul Gerakan literasi Nasional bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup. “Penerapan gerakan literasi nasional dilakukan melalui 3 ranah yaitu literasi sekolah, literasi masyarakat dan literasi keluarga. Literasi Sekolah dilakukan dengan menciptakan lingkungan sekolah yang gemar membaca dan rajin menulis. Sedangkan Literasi Masyarakat dengan menciptakan lingkungan masyarakat yang gemar membaca dan rajin menulis dan literasi keluarga untuk menciptakan lingkungan keluarga yang gemar membaca dan rajin menulis,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara Balai Bahasa Sumatera Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah serta penandatanganan Piagam kerjasama antara Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan Balai Bahasa Sumatera Utara Kemdikbud tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. [Rahmad]

         

(Visited 219 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!