4596: Melirik Pemilih Muda, Ini Yang Disampaikan Ketua PD. JPRMI

Diterbitkan Tanggal: 12 / 07 / 18

Kategori: | SUMATERA UTARA, TODAY |

NSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU – Salah satu cita-cita demokrasi adalah untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Negara yang menganut sistem demokrasi seperti Indonesia berada pada posisi yang amat penting, hal ini dikarenakan dalam proses pelaksanaan sistem demokrasi tersebut masyarakat dilibatkan sepenuhnya. Demikian diantaranya di sampaikan ketua PD. JPRMI Labuhanbatu Maniso ST. kepada awak media, Rabu (11/7/2018).

Dalam implementasinya, demokrasi bisa kita rasakan dengan adilnya kita mendapatkan pelayanan terhadap. penyelenggara Pemilu. Dalam konteks Pemilu ini, peran masyarakat telah diamanatkan dalam undang-undang, sebagaimana tertuang pada pasal 448 Undang-Undang PemiluTahun 2017 ayat 1 disebutkan bahwa Pemilu diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat. Ucap Maniso.

Melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu tentu perlu diapresiasi, mengingat bahwa Pemilu merupakan sarana dari pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih anggota dewan perwakilan rakyat, anggota dewan perwakilan daerah, serta presiden dan wakil presiden.

Pelibatan masyarakat dalam Pemilu tentu merupakan bagian dari proses penguatan demokrasi serta upaya memperbaiki kualitas pelaksanan pemilu. KPU sebagai penyelenggara pemilu yang diamanatkan oleh undang-undang ini, penyelenggaraan Pemilu terus berupaya membangun kekuatan bersama ditingkat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan Ormas ataupun OKP agar pelaksanaan pemilu menjadi berkualitas.

Hal ini menyambut hajatan besar kita yaitu Pemilu serentak pemilihan DPRD KABUPATEN, DPRD PROVINSI, DPD RI, DPR RI  dan memilih presiden secara bersamaan.

Subjek yang perlu diperhatikan juga adalah pada pemilih pemula, pertumbuhan pemilih pemula di setiap provinsi mengalami peningkatan, ini harus menjadi konsen bagi penyelenggara Pemilu agar pemilih pemula ini terakomodir dan bisa menggunakan hak pilihnya pada hajatan besar demokrasi 2019 nanti.

Gerakan untuk memilih ini juga seharusnya sudah bisa dimulai dari segmen sekolah SMU, SMK yang tersebar ditingkat Kabupaten dan kecamatan, hal inilah yang mesti diperhatikan dalam pesta demokrasi kali ini.

Untuk mendapatkan hasil pemimpin yang berkualitas ini mesti juga di sosialisasikan melirik, mencermati, memilih calon yang akan dipilih nantinya.

“Harapan kita kedepannya agar Pemilu serentak 2019 berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang jujur, adil dan berkualitas”, tutup Maniso. [rahmad]

         

(Visited 322 times, 2 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!