4620: Mantap, MIN Padang Bulan Mendapat Penghargaan Sekolah Layak Anak

Diterbitkan Tanggal: 15 / 07 / 18

Kategori: | PENDIDIKAN, SUMATERA UTARA, TODAY |

 

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU – Menjadikan sekolah berprestasi memang sulit, tapi itu bisa diraih banyak sekolah,namun menjadikan sekolah itu sebagai tempat pendidikan yang layak anak jarang sekali bisa di capai, terbukti di sumatera utara hanya ada dua sekolah yang mandapatkan penghargaan dari kementrian Pemberdayaan perempuan dan anak (KPPA) yakni Kabupaten Deliserdang dan Labuhanbatu.

Untuk mendapatkan penghargaan sebagai sekolah yang layak anak tentunya ada beberapa kriteria dan poin poin yang harus di penuhi oleh pihak dekolah, baik peserta didik dan pendidik.

Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan dinas dan kementrian beberapa waktu lalu Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) padang bulan dinyatakan telah memenuhi beberapa poin yang menjadi penilaian untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Sabtu (14/7/2018) MIN Padang bulan resmi dinyatakan sebagai sekolah yang layak anak setelah dua perwakilan dari kementrian yang di dampingi Dinas P3A  Labuhanbatu dan perwakilan dari Kamenag melakukan monitoring lapangan ke sekolah tersebut,

Maryunah Syuhudi, pengembang potensi siswa Dit KSKK Madrasah Kementrian agama pusat dalam bimbinganya kepada seluruh guru tenaga pengajar di MIN tersebut berharap, “Kiranya ramah terhadap anak bukan hanya untuk mendapatkan penghargaan, Tapi biasakanlah dalam keseharian dalam memberikan pelajaran”.

Menurut nya, “Ada beberapa hal cara pembelajaran terhadap anak yang dapat melahirkan kenyamanan anak anak di dalam lingkup sekolah seperti yang telah di anjurkan oleh Kemendikbud, yaitu dengan metode belajar di luar ruang sekolah”, ucap Maryunah.

Sementara, Indrawaty S.Sos, Kabid pemenuhan hak anak atas pendidikan di asdep pemenuhan hak anak atas pendidikan kreatifitas di budaya deputi bidang tumbuh kembang anak berpesan agar MIN padang bulan terus meningkatkan perhatian kepada anak didiknya, dan juga lebih memperhatikan fasilitas sekolah seperti kamar mandi dan tong sampah .

Di lokasi yang sama, dinas P3A Labuhanbatu yang diwakili sekjen DP3A Labuhanbatu Marisi Situngkir SIP.MM yang didampingi Kabid Perlindungan Hak Perempuan Dan Perlindungan Khusus Anak (DPP & PA) Labuhanbatu Tuti Novrida Ritonga, S.Si. APT. MM. mengatakan siap bersinergi debgan pihak MIN Padang Bulan.

“Kami melihat sekolah ini sudah sangat bagus , bisa dilihat dari para murid yang mempunyai prestasi gemilang, bisa dikatakan sekolah ini adalah sekolah unggulan di Labuhanbatu, dari itu mari kita tingkatkan lagi kwalitas untuk mendapatkan predikat sekolah layak anak seperti di tahun 2015 lalu”.

Kata Marisi, “Kami siap bersinergi dan membantu untuk menghayo hayokan apa yang menjadi program di sekolah ini, kami juga siap bekerjasama dengan Kemenag untuk kinerja yang lebih baik”, ujar Marisi .

Drs. H. Darajat Siregar M.Pd. Kasi pendidikan Madrasah selaku perwakilan Kemenag juga mengapresiasi keberhasilan MIN yang mewakili Labuhanbatu dalam perolehan penghargaan sekolah layak anak, “Saya bangga dan sangat berterima kasih kepada seluruh pengurus sekolah ini, karena telah membawa nama baik Labuhanbatu di dunia pendidikan”.

“Dengan Adiwiyata mandiri yang dimiliki, saya berharap MIN ini terus meningkatkan kwalitas siswa siswinya, mengingat segudang prestasi yang telah dimiliki sekolah ini saya berharap MIN yang ada di Labuhanbatu dapat mengikuti prestasi yang di miliki MIN Padang Bulan ini. Diantaranya MIN Urung Kompas dan Sigambal”, ujar Darajat.

Mendapati sekolah yang dipimpinya mendapatkan penghargaan, kepala sekolah MIN Padang Bulan, Hj.Syerifah, S.pd, mengucapkan banyak terimakasih kepada tim penilai, karena telah mempercayakan sekolah yang dipimpinya sebagai sekolah layak anak.

Dirinya juga berharap, pertemuan seperti ini tidak putus sampai disini saja, hal ini harus berkesinambungan.

Syarifah juga berharap kepada Pemkab. Labuhanbatu agar selalu mengikut sertakan MIN Padang Bulan dalam setiap event, baik study banding ataupun perlombaan”, tutup Syarifah.

Diketahui dari informasi yang didapat, bahwa MIN Padang Bulan memiliki sedikitnya 30 sekolah binaaan. [rahmad]

         

(Visited 284 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!